Berita Diklat Terbaru

Dukungan Keahlian Sekretariat Jendral DPR RI Dalam “Kuliah Umum” Program MDRR DPR RI
07 September 2022

Jakarta – Kegiatan Kuliah Umum dalam program Magang di Rumah Rakyat DPR RI di Gedung Nusantara 1 Ruang Rapat Komisi X. Rabu (07/09/2022).

Magang Di Rumah Rakyat DPR RI membuka kesempatan bagi mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mempelajari berbagai potensi yang dimiliki DPR RI. Program magang ini memiliki berbagai rangkaian kegiatan, Kuliah Umum merupakan salah satu kegiatan yang digelar oleh Pusdiklat Setjen DPR RI dalam melangsungkan program Magang di Rumah Rakyat DPR RI.

Kepala Badan Keahlian DPR RI, DR. Inosentius Samsul, S.H., M.Hum. dihadirkan untuk mengisi acara Kuliah Umum sebagai narasumber atau pemateri. Dalam kuliah umum kali ini, Bapak Inosentius menjelaskan dan memaparkan mengenai Dukungan Keahlian Sekretariat Jendral DPR RI. Dalam menyuarakan rakyat, DPR perlu menyediakan data sebanyak banyaknya agar bisa menganalisis masalah dan disampaikan dengan cara salah satunya mengkritisi.

Lanjutnya, dalam mendukung kelancaran wewenang dan tugas DPR, dibentuk Badan Keahlian yang di atur dengan perpres (UU MD3 – UU No. 17 th.2014 sebagaimana telah diubah terakhir dengan UU No. 13 th.2019) dengan bertanggung jawab kepada DPR dan secara administrasi dibawah Setjen DPR RI serta dukungan keahlian yang mendukung 3 fungsi DPR Legislasi, Anggaran dan Pengawasan dengan terdiri atas Pusat Perancang Undang - Undang, Pusat Kajian Anggaran, Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara, dan Pusat Penelitian.

Beliau mengungkapkan Simas PUU bagian dari produk Pusat Perancangan Undang – Undang sebagai platform dalam menyuarakan pendapat. Dalam menyampaikan materinya, beliau memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk aktif bertanya. Menurutnya, dari DPR RI peserta mendapatkan pengetahuan bahwa hidup ini tidak seperti yang kita bayangkan bahwa ada banyak hal dan akan menjadi alternatif baru bagi peserta dan pelajaran dalam mengambil keputusan terkait di masa depan nantinya.