Tentang Kami

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sekretariat Jenderal DPR RI dibentuk berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal DPR RI Nomor 6 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal DPR RI. Sebagaimana diamanahkan dalam Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2020 (Perpres Nomor 26 Tahun 2020) tentang Sekretariat Jenderal DPR RI dan Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 6 Tahun 2021 (Persekjen Nomor 6 Tahun 2021) tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, yaitu Pusdiklat merupakan unsur pendukung di lingkungan Sekretariat Jenderal, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Jenderal yang mempunyai tugas mempunyai tugas melaksanakan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia aparatur Sekretariat Jenderal.

 

Sejarah

Sejarah Pusdiklat Setjen Sebagai sebuah organisasi, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sekretariat Jenderal DPR RI mempunyai potensi yang cukup kuat untuk berkembang lebih optimal dalam memberikan dukungan di bidang pengembangan kompetensi aparatur Sekretariat Jenderal DPR RI yang merupakan pendukung tugas-tugas Dewan. Setiap aparatur Sekretariat Jenderal DPR RI dituntut memiliki kapabilitas untuk memberikan kontribusi yang produktif bagi organisasi, dan merupakan faktor penentu utama bagi keberhasilan pelaksanaan tugas Dewan. Potensi aparatur Sekretariat Jenderal perlu dikembangkan sejalan dengan tuntutan peningkatan kinerja Dewan baik di bidang legislasi, anggaran, maupun pengawasan. Kebutuhan tersebut, sejalan dengan tuntutan untuk merespons keinginan masyarakat terhadap kualitas output kerja DPR RI sebagai customer dari Sekretariat Jenderal  DPR RI. Potensi Sumber Daya Manusia dapat dilihat dari segi kualitas maupun kuantitas. Secara kualitas, aparatur Sekretariat Jenderal merupakan aset yang memiliki inisiatif untuk melakukan perubahan secara berkesinambungan. Potensi Sumber Daya Manusia sangat dipengaruhi oleh perubahan internal organisasi, dinamika lingkungan stratejik, tuntutan masyarakat, dan tren global yang ada. Selanjutnya pada bulan Oktober tahun 2015 Sekretariat Jenderal DPR RI telah melaksanakan perubahan struktur Organisasi, Bagian Diklat mengalami perubahan dari Eselon III menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan, setingkat Eselon II.

Visi

Pusat Pembentuk Sumber Daya Manusia Sekretariat Jenderal DPR RI yang unggul dan kompeten dalam memberikan dukungan teknis, persidangan dan keahlian.

Misi

1) Mewujudkan Pegawai Sekretariat Jenderal DPR RI yang Unggul dan Kompeten.
2) Mewujudkan kelembagaan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sekretariat Jenderal DPR RI yang fungsional, kredibel, dan imparsial.

SDM Pusdiklat

Infografis SDM

Struktur Organisasi

STRUKTUR ORGANISASI